Sabtu, 16 April 2016

Mengenal Kelengkeng Super

Sekilas Tentang Kelengkeng Itoh Super

Kelengkeng (Dimocarpus longan L.) bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan dari Cina, sehingga tergolong tanaman subtropis. Kelengkeng di Indonesia terdapat beberapa varietas antara lain: Kelengkeng Lokal, Kelengkeng Pingpong dan Kelengkeng Diamond River dari Vietnam, serta Kelengkeng Itoh dari Thailand dan Malaysia. Di Indonesia, kelengkeng baanyak dijumpai di Pulau Jawa dan tersebar dibeberapa tempat antara lain: Ambarawa, Magelang, Temanggung di jawa Tengan dan di aderah Tumpang di Jawa Timur.

Jenis kelengkeng yang ada di Pulau Jawa ada beberap macam, ada yang buahnya kecil, daging buah tipis, dan bijinya besar, ada yang buahnya jarang, bahkan ada yang bertahun-tahun tidak berbuah.
Sementara kelengkeng yang disenangi masyarakat adalah ukuran buahnya besar, dagingnya tebal, bijinya kecil, rasanya manis, dan aromanya khas. kebanyakan dari kelengkeng yang sudah ada tidak diusahakan secara khusus dan pemeliharaannya belum intensif.

Baru-baru ini berberapa petani/ pekebun telah berhasil mengembangkan Kelengkeng di dataran rendah seperti di daerah Selarong, Kabupaten Bantul DIY, yang dikenal dengan varietas Selarong (Sutopo, 2011). Sementara di lokasi yang lain seperti daerah Klaten dan Magelang Jawa Tengah serta didaerah Sleman DIY telah berhasil dikembangkan varietas Kelengkeng Super yang di kenal dengan nama Kelengkeng Itoh Super.


Klengkeng Itoh Super ini merupakan kelengkeng klon baru hasil rekayasa tehnologi yang memiliki keunggulan dibandingkan kelengkeng local pada umumnya, sehingga mempunyai prospek yang cerah. Kelengkeng Itoh ini memiliki daya adaptasi yang luas dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun didataran tinggi (mulai 10 sampai 1.300 meter dpl). keunggulan lain dari Kelengkeng Itoh Super ini adalah buahnya yang lebat, ukuran buahnya besar, daging buahnya tebal, bijinya kecil, serta mempunyai daya simpan yang lebih lama dibandingkan dengan kelengkeng lokal.

Kelengkeng Itoh Super ini sering dinamakan oleh sebagian orang dengan sebutan Kelengkeng New Kristal, atau Kelengkeng Kristal 2, atau kelengkeng Kinglong.


 
Buah Kelengkeng merupakan buah non klimateri/ mengalami pematangan/ pemasakan di pohon, sehingga tidak dapat diperam. Kesegaran buah Kelengkeng yang dipetik langsung dari pohon jauh lebih baik dibandingkan Buah Kelengkeng hasil pengiriman menggunakan kapal/ pesawat terbang (buah impor).

Bagi anda yang berminat untuk membudidayakan Kelengkeng Itoh Super tersebut, dapat memperoleh bibit yang berkualitas premium di:
Progoraya Nursery Ungaran, yang beralamat di Jl. Progo Raya no 31 Sidomulyo Ungaran.
Atau dapat menghubungi via telp/WA di 0823.2970.8081.
Atau E-mail: progonursery@gmail.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar