Senin, 18 April 2016

SRIKAYA JUMBO


Asal Usul Srikaya
Tanaman srikaya yang mempunyai nama ilmiah Annona Squamosa. L, berasal dari Amerika Tengah, Northern South America, Western South America, Southern South America, dan Pulau Caribbean.

Syarat Tumbuh Srikaya
Srikaya tumbuh baik pada tanah berpasir sampai lempung berpasir dengan sistem drainase yang baik pada dataran dengan ketinggian tempat hingga 1.000 m dpl pada tanah dengan rentang pH 5,5-7,5, curah hujan 500-1.000 mm/ tahun, dan suhu 21- 30°C. Selain itu juga dapat dibudidayakan di Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) untuk menambah estetika halaman rumah anda.

Ciri-Ciri Srikaya
Tinggi tanaman dapat mencapai 8 m, berumah satu, berkelamin sempurna. Batang gilik, percabangan simpodial, ujung rebah, kulit batang coklat muda. Bunga   muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga memiliki lebar 2-3 cm, enam daun bunga/ kelopak, berwarna kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya. Daun  berselang, sederhana, lembing membujur, panjang 7-12 cm dan lebar 3-4 cm.  Sedangkan untuk daun Srikaya Jumbo memiliki ukuran jauh lebih lebar dan lebih besar dibandingkan srikaya lokal.

 Jenis-Jenis Srikaya
Terdapat berbagai jenis srikaya, diantaranya srikaya lokal mempunyai kulit bewarna hijau atau merah dengan daging buah yang tipis dan biji yang banyak dengan berbagai varietas/ kultivar.
Sementara itu buah yang masih termasuk kerabat dekat srikaya diantaranya mulwo, dan biriba.

Selain itu juga dikenal Srikaya Unggul New Varietas yang sering di sebut dengan nama lain: Srikaya Jumbo, Srikaya Rovi, Srikaya Gundul atau Srikaya Australia.
Keunggulan Srikaya Jumbo/ Srikaya New Varietas ini selain buahnya cukup banyak, daging buahnya manis dan tebal serta bijinya rekalif sedikit, dan karena rasa manisnya yang super ada yang menyebutnya dengan Srikaya Madu.


Srikaya Jumbo

Manfaat Srikaya
Srikaya mengandung antioksidan seperti vitamin C yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Srikaya juga mengandung vitamin A yang berguna menjaga kulit, kesehatan rambut, dan meningkatkan fungsi mata.
Selain itu juga mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Magnesium berguna untuk menyeimbangkan air dalam tubuh, mengurangi gejala rematik dan radang sendi, serta membantu menghilangkan asam dari sendi. Kalium yang terkandung di dalam srikaya dapat membantu melawan kelemahan otot.
Manfaat lainnya dari srikaya adalah dapat mengontrol tekanan darah, membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, diare dan disentri.

(Sumber: Hermanto, dkk,  2013, - Keragaman dan Kekayaan Buah Tropika Nusantara, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian)
 
Cara Mendapatkan Bibit Srikaya Jumbo Premium
Bagi anda yang berminat untuk budidaya atau koleksi bibit tanaman Srikaya Jumbo/ Srikaya New Varietas Premium, dapat menghubungi Progo Raya Nursery, yang berlamat di Jalan Progo Raya no 31 Sidomulyo Ungaran  Semarang Jawa Tengah atau dapat menghubungi via:
E-mail: progonursery@gmail.com atau HP/ WA: 0823.2970.8081

Tidak ada komentar:

Posting Komentar